Rabu, 01 Februari 2017

MISTERI GUNUNG TOBA

Tahukah anda Danau toba adalah bagian dari Gunung Toba yang meletus dengan hebatnya sekitar 74.000 tahun yang lalu? Dapatkah anda bayangkan lebar dan tingginya gunung Toba sebelum meletus? Sebenarnya Gunung Toba telah meletus sebanyak 3 kali. Letusan pertama dimulai dari 800 tahun yang lalu yang menyebabkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Parapat dan Porsea. Selanjutnya Letusan kedua sekitar 500 tahun yang lalu yang membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dan letusan paling hebat yaitu 74.000 tahun yang lalu yang membentuk Danau Toba dengan samosir di tengahnya. Letusan ketiga ini adalah letusan terhebat sepanjang sejarah yang dapat disebut sebagai Kiamat zaman purba.

Letusan Gunung Toba sangat berdampak buruk bagi seluruh Dunia bukan hanya Indonesia. Letusan yang bahkan menyebabkan matahari tertutup selama 6 tahun, dan hampir memusnakahkan seluruh makhluk hidup di dunia yang pada waktu itu jumlah manusia masih sangat minim. Gunung supervolcano satu ini hanya menyisahkan sekitar 5000 - 10.000 manusia.

Terjadi gelombang Tsunami hebat, sekitar 2.800 kubik abu tersebar menutupi atmosfir bumi. Kedahsyatan Letusan ini disebabkan oleh gejolak bawah bumi yang hiperaktif, Lempeng lautan Indo-Australia yang mengandung lapisan sedimen menunjam di bawah lempeng benua Eurasia, tempat pulau sumatra berada. 

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan German Center for Geosciences (GFZ) dengan Danny Hilman dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Fauzi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 2010 menyimpulkan Gunung Toba memiliki 2 dapur magma yang tersimpan didalamnya.

Untungnya Gunung sejenis supervolcano sangat jarang meletus dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk erupsi kembali.

Sobat Tahukah anda, coba bayangkan seandainya Gunung Toba meletus kembali apa yang akan terjadi dengan bumi ini? pasti benar - benar mengerikan bukan?
Disini, Kami telah merangkum dampak apa saja yang akan terjadi diantaranya :

1. Dunia akan Gelap Gulita
 
 Ribuan tahun yang lalu, Letusan Gunung Toba telah berhasil mempora-porandakan bumi dan menutup cahaya matahari selama kurang lebih 6 tahun. jika Letusan itu kembali lagi anda tahu sendiri bagaimana akhirnya

2.Perubahan Suhu yang Drastis
Ketika Gunung Toba meletus Jutaan tahun yang lalu, suhu bumi mengalami penurunan drastis sampai 5 derajat celcius yang hampir memusnahkan seluruh makhluk di dunia.

3. Terbelahnya Pulau Sumatera
Jika Gunung Toba meletus kembali maka kemungkinan besar pulau Sumatera akan terbelah, sebagaimana kita tahu Gunung toba yang terletak di pulau sumatera pasti akan mengancam Pulau Samosir dan sumatera terlebih dahulu yang mungkin dapat menyebabkan pulau sumatera terbelah.

4. Bumi Hancur 
Gunung Toba Supervolcano terletak di jalur Gunung api besar lainnya, yang bahkan diperkirakan jika Gunung Toba meletus akan memancing Gunung lainnya. Ini sangat mengerikan, mungkin dapat berakibat buruk pada keadaan bumi nantinya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar